By Siti Amini at 13.11 , have 0 komentar
Ads by google:
Ads by google:

Manfaat ikan bawal. Tidak jauh beda dengan jenis ikan lainnya yang hidup di air tawar dan ada juga ikan bawal air laut, ikan bawal juga mempunyai kandungan mutu gizi yang cukup tinggi. Meskipun dari segi peminat, ikan bawal masih kalah jauh dengan peminat ikan lele dan ikan mujair. Tetapi bagi sobat pecinta seafood jangan lupa untuk mencicipi daging ikan bawal ini, nikmati kelezatan dan rasakan manfaat dari ikan bawal.

Ikan bawal merupakan salah satu komoditas yang di gemari masyarakat. Selain harga yang murah ikan bawal memiliki daging yang tebal dan rasa yang khas serta tulang yang sedikit. Selain itu ikan bawal memiliki kandungan nutrisi yang kaya akan omega 3 dan omega 6 AA. Kandungan lain yang cukup penting dari ikan bawal adalah vitamin. Yakni vitamin A, vitamin B1, dan vitamin D. tetapi sayang kita hanya dapat menikmati sekitar 80% dari  semua kandungan nutrisi yang ada pada ikan bawal.

Manfaat ikan bawal untuk kesehatan

manfaat besar  ikan bawal


Tidak mau kalah dengan jenis ikan lainnya yang  memiliki banyak manfaat. Ikan bawal yang kaya akan nutrisi juga sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia, diantaranya adalah:

1. Membantu tumbuh tinggi anak
Di zaman yang serba modern ini kebanyakan orang tua yang memiliki anak kurang tinggi. menginginkan buah hati mereka tumbuh tinggi dengan ukuran yang ideal, yaitu dengan cara memberi susu atau supplement tambahan. tetapi alangkah baiknya jika bunda memberikan asupan gizi yang seimbang. Yaitu dengan memberikan ikan bawal, sebab ikan bawal banyak mengandung vitamin D. kandungan vitamin D pada ikan bawal dapat membantu anak tumbuh tinggi.

2. Menjaga kekebalan tubuh
Ikan bawal juga bermanfaat untuk memperkuat ketahanan tahanan tubuh. Karena kandungan kalsitriol pada vitamin D yang ada dalam ikan bawal berfungsi untuk sistem immune modulator. Dan nutrisi ini sangat bermanfaat bagi sobat yang sering terkena virus pilek, flu, demam, batuk maupun sakit kepala.

3. Mencegah penuaan dini
Kandungan vitamin D dalam ikan bawal mampu membantu meremajakan sel kulit. Hal ini bisa menjaga lebih segar dan bugar. Juga bisa mengurangi risiko penyakit kulit. Yaitu dengan cara mengkonsumsi ikan bawal setiap hari.

4. Dapat mencegah osteomalasia
Osteomalasia adalah suatu penyakit yang sering menyerang orang dewasa. Hal ini disebabkan karena tidak normalnya fungsi jaringan ketika mengalami proses pembentukan mineral pada tulang. Hal ini bisa berakibat tulang menjadi rapuh dan lemah. Kandungan vitamin D pada ikan bawal mampu membantu mencegah osteomalasia, yaitu menambahkan menu makanan sobat dengan lauk ikan bawal. Dan memanfaatkan sinar matahari pagi.

5. Pertumbuhan otak anak
Minyak ikan dari ikan bawal adalah salah satu zat yang mendukung perkembangan otak anak.  Kandungan DHA dan EPA ternyata memiliki respon positif untuk neuro kognitif anak.

6. Mencegah rakitis
Rakitis adalah penyakit pertumbuhan tulang pada anak yang disebabkan karena kekurangan vitamin D dan kalsium. Kandungan vitamin D pada ikan bawal dapat dimanfaatkan untuk membantu menambah asupan vitamin D dengan cara mengkonsumsi ikan bawal setiap hari.

7. Mengatasi anemia
Salah satu zat dalam ikan bawal adalah zat besi sebanyak 2 mg. bagi sobat yang terkena anemia sebaiknya mengkonsumsi ikan bawal, karena kandungan zat besi pada ikan bawal dapat membantu pembentukan Hemoglobin. Hemoglobin inilah yang bisa menentukan kenormalan sel darah merah.
Itulah manfaat besar dari ikan bawal yang harus sobat ketahui. Alangkah baiknya jika sobat menambahkan menu masakan dengan ikan bawal. karena ikan bawal sangat mudah untuk di olah.
selamat mencoba sop jangan lupa bacajuga artikel:

Manfaat Ikan Teri Untuk Ksehatan Tubuh
Manfaat Ikan Mujair Untuk kesehatan Manusia
Iklan Oleh Google :
Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet

0 komentar:

Posting Komentar