By Siti Amini at 19.20 , have 3 komentar
Ads by google:
Ads by google:
Manfaat ikan tenggiri bagi kesehatan dan ibu hamil mungkin belum banyak orang yang tahu. Ikan tenggiri merupakan kerabat dekat dengan ikan tuna ,ikan tongkol,  dan ikan kembung. Ikan tenggiri  memiliki bentuk tubuh memipih, kepala meruncing serta gigi yang bergerigi. Ikan tenggiri biasanya terdapat di lautan yang bebas  dari polusi, sehingga ikan ini sangat bagus untuk dikonsumsi.

Ikan tenggiri banyak disukai orang karena kelezatan rasanya dan ketebalan dagingnya. Selain itu tenggiri juga memiliki manfaat yang besar terutama untuk ibu hamil dan anak yang sedang dalam masa pertumbuhan.

 Kebanyakan orang memanfaatkan ikan tenggiri hanya untuk dikonsumsi. Padahal ikan ini banyak menyimpan manfaat, mulai dari daging, sirip, jeroan, hingga durinya . ikan tenggiri juga mengandung protein hewani yang cukup tinggi.
baca juga:Manfaat Ikan Salmon Bagi Ibu Hamil dan Pertumbuhan Bayi

Manfaat Ikan Tenggiri Bagi Kesehatan



Tingginya zat gizi yang terkandung dalam ikan tenggiri sangat baik sekali untuk kesehatan. Bahkan ikan tenggiri ini dapat menjadi pilihan untuk memenuhi kebutuhan gizi bagi ibu hamil dan  bayinya.

Berikut ini manfaat ikan tenggiri bagi kesehatan.

1. Dapat mengobati linu di kaki

Selain dijadikan lauk ikan tenggiri juga dapat digunakan untuk mengobati linu di sekitar kaki. Yaitu dengan memanfaatkan daging di sekitar insang, karena daging  di sekitar insang ini lah yang mengandung zat pereda ngilu dan linu persendian.

Cara pengolahannya dengan direbus jangan digoreng, lalu langsung dimakan dengan kuahnya, konsumsi lah secara teratur sampai rasa linu berkurang atau hilang.

2. Menyembuhkan gangguan saluran kencing.

 Jeroan ikan tenggiri ini jangan dibuang karena dapat dimanfaatkan untuk menyembuhkan saluran kencing. Tetapi harus berhati-hati , karena hati ikan tenggiri harus dalam keadaan utuh dan segar. Tetapi hati ikan tenggiri hanya diperbolehkan bagi penderita yang berusia 20-40 tahun saja.
Bagi manula cara ini dianggap berisiko karena harus dimakan mentah-mentah. Kandungan protein dan zat lain yang cukup tinggi mengakibatkan pengobatan ini tidak dapat dilakukan bagi semua orang.

3. Membantu menyembuhkan penyakit kulit

Sirip dari ikan tenggiri juga bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit kulit seperti eksim, luka gatal dan bernanah, kudis koreng dan sejenisnya. caranya rebus lah sirip ikan tenggiri sampai air rebusan tinggal setengahnya, lalu tambahkan rebusan daun sirih untuk menghilangkan bau, setelah itu diminum.

4. Membantu menurunkan risiko penyakit kardiovaskular

Kandungan omega 3 yang terdapat dalam ikan tenggiri sangat baik untuk membantu menurunkan tekanan darah, mengurangi pembekuan darah, serta  dapat menyehatkan jantung.  Caranya dangan rajin mengkonsumsi ikan tenggiri.

5. Meningkatkan fungsi otak

Ikan tenggiri memiliki kandungan protein yang baik, sehingga dapat membantu meningkatkan kecerdasan anak. Selain protein ikan tenggiri juga mengandung asam lemak omega 3 yang bagus untuk meningkatkan fungsi otak kita.

6. Menjaga kesehatan pencernaan

Ikan tenggiri juga mengandung nutrisi yang baik untuk tubuh,  selain itu mengkonsumsi kepala ikan tenggiri sangat baik karena dapat membantu mencukupi tambahan asupan yodium serta memenuhi kebutuhan tiroid dalam tubuh. Ikan tenggiri juga mengandung gelatin yang bermanfaat untuk menjaga pencernaan.

7. Membantu mengobati ketombe

Kita dapat memanfaatkan duri ikan tenggiri untuk menghilangkan ketombe di kulit kepala kita. Caranya dengan menjemur duri tenggiri hingga kering, lalu di bakar sampai berwarna hitam, setelah itu haluskan, kemudian tambahkan minyak kelapa atau lidah buaya pada serbuk itu. Dan oleskan pada kulit kepala, tunggu sampai dua jam. Lalu bersihkan.

8. Bermanfaat  untuk masa kehamilan

Kandungan mineral AA dan DHA  dalam ikan tenggiri sangat bermanfaat untuk masa kehamilan. karena mampu memperkuat otak janin, memperkuat perkembangan janin saat baru lahir. Dengan tambahan asupan mineral ini, bayi akan tumbuh dan berkembang dengan baik.

Untuk mendapatkan manfaat ikan tenggiri, kita harus mengolah dengan benar. Supaya kandungan gizinya tidak banyak yang hilang.
baca juga:
Manfaat Ikan Kembung Untuk Kesehatan dan Ibu Hamil
10 Manfaat Ikan Asin Untuk Kesehatan Tubuh
selamat membaca sobat semoga bermanfaat bagi kalian,.
Iklan Oleh Google :
Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet

3 komentar:

  1. Ikan tenggiri jenis laki dan fajar banyak ditemukan di bangka belitung, khususnya laut bangka selatan daerah pongo, sadai dsekitarnya. ikan dgn nama latin scromberomorini ini di bangka selatan banyak diolah menjadi bahan kerupuk dan pekmpek. Akhir2 ini ikan tenggiri banyak diekspor ke jepang, korea dan australia rata2 perbulan 125ribu ton dan menghasilkan devisa. Semoga nelqyan bangka belitung makmur pasca tambang, tks sujasmir hamid

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus