By Siti Amini at 12.07 , have 0 komentar
Ads by google:
Ads by google:
Cara membuat oralit di rumah dengan mudah dan praktis. Diare seringkali membuat kita kebingungan karena diare bisa membuat kita cemas. Selain itu diare juga akan membuat tubuh menjadi lemas, bisa menyebabkan dehidrasi, bahkan kalau tidak segera diobati bisa mengakibatkan kematian.

Bila kita terserang diare pasti kita akan bolak-balik kebelakang  karena perut kita akan terasa mules-mules ingin BAB tidak bisa ditahan terlalu lama,tapi sobat tidak perlu khawatir karena bila kita terserang DIARE kita bisa membuat obat sendiri dirumah dengan cara membuat larutan gula dan garam/oralit.


Cara Mengatasi Diare dengan Oralit

Oralit merupakan obat  alternatif untuk mengobati diare, bisa di gunakan untuk mengganti cairan tubuh yang hilang, dengan banyaknya cairan yang hilang tubuh kita menjadi lemas.

Oralit merupakan pengganti cairan yang hilang bila kita terkena dehidrasi. Oralit ini berfungsi untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh kita.Karena manfaat yang cukup penting dari oralit ini, kita perlu mengetahui cara membuat oralit sendiri, sebelum sobat  atau sikecil terserang diare dehidrasi dapat dihindari.

Berikut adalah bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat oralit scara sederhana:
  • gula pasir satu sendok teh tidak lebih tidak kurang  agar larutan yang kita buat bisa maxsimal.
  • garam dapur yang halus seperempat sendok teh
  • satu gelas air matang hangat 200 ml

Cara membuat larutan gula garam/oralit

Cucilah tangan dengan sabun sampai bersih agar kuman tidak menyebar
Larutkan gula dan garam kedalam satu gelas air matang lalu aduk hingga rata,lalu diminumkan kepada  penderita diare. {minum 2 gelas larutan gula dan garam sehabis BAB}

Namun perlu diketahui bahwa oralit tidak menyembuhkan diare. larutan gula garam/oralit hanya untuk mencegah terjadinya dehidrasi, untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang jika diare masih berlanjut segera periksa kedokter untuk mendapat pengobatan lebih lanjut.


Saran:
  • Anak-anak dibawah usia dua tahun seperempat hingga setengah gelas.
  • Anak-anak usia dua tahun keatas setengah gelas sampai satu gelas.  
  • Sedangkan untuk orang dewasa dianjurkan untuk minum yang banyak, dan jangan lupa untuk minum air putih yang banyak

Berikut ada beberapa cara atau tips bila sobat terserang diare:

1.Minum air putih
 Bagi penderita diare dianjurkan untuk minum air putih yang banyak untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang karena sering bolak-balik kebelakang alias diare. Bila sobat terkena diare sebaiknya hentikan dulu kebiasaan minum susu, teh, kopi dan minuman-minuman yang bisa merangsang asam lambung.

Minuman yang paling disarankan untuk mengganti cairan tubuh selain air putih adalah minuman yang tidak hanya mengandung cairan tapi juga elektrolit. Minuman seperti ini dapat sobat jumpai seperti pada minuman kemasan pocari. Sobat juga dapat menggantinya dengan larutan gula garam.

2.Makan-makanan yang rendah serat
Makan makanan yang rendah serat karena hal itu bagus bagi penderita diare , seperti nasi, nasi lemes atau nasi liwet dengan lauk telur asin. Nasi bila dikunyah akan menjadi gula dan memberikan kita tambahan energy. Telur mengandung protein dan garam berfungsi untuk menahan mencret.

Sebaiknya bila sobat terserang diere hindari untuk makan atau jajan disembarang tempat untuk menjaga kebersihan makanan yang kita makan dan jangan lupa kita tidak boleh makan terlalu pedas. Kita juga harus menghindari makan makanan yang berserat seperti sayur dan  buah – buahan karena makanan berserat cocok untuk dimakan jika sobat susah buag air besar.

3.Istirahat yang cukup dan teratur
Bila sobat terserang diare maka luangkanlah waktu agar sobat dapat istirahat dengan cukup,karena selama mengalami diare tubuh terasa lemah, letih ,lesu , lemas dan capek.

4.Minum larutan gula garam
Minum larutan gula garam yang banyak  selama sobat mengalami diare,jika perut  kita masih terasa mules dan sering bolak balik kebelakang kita bisa membeli oralit di apotek,dan jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter agar sobat diberi obat anti biotik obat mules dan obat mencret.Jika sobat dikasih dokter obat anti biotik sebaiknya dihabiskan  karena berfungsi untuk membunuh bakteri.

Itulah beberapa tips cara mudah membuat oralit untuk diare yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat dan selamat mencoba ya?

baca juga:

Cara Menghilangkan Kepala Pusing Secara Alami Dan Murah

Cara Menghilangkan Bau Badan Dengan Mudah dan Cepat

Selamat mencoba.
Iklan Oleh Google :
Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet

0 komentar:

Posting Komentar