By Siti Amini at 08.29 , have 0 komentar
Ads by google:
Ads by google:
Cara mengatasi perut kembung pada bayi. Perut kembung pada bayi tentunya membuat bunda sangat gelisah. Hal ini disebabkan karena bayi yang menderita perut kembung merasa tidak nyaman, suka rewel dan sering menangis.

Kembung pada bayi bukanlah penyakit yang berbahaya, tetapi jika bayi bunda mengalami kembung dan tidak lekas sembuh tentunya akan selalu rewel dan ingin menangis terus. Bayi yang sehat akan membuang gas sebanyak 12 hingga 21 kali dalam waktu satu hari.  Bayi yang mengalami kembung perutnya akan terasa keras jika ditekan dan akan terdengar bunyi bum-bum jika bunda tepuk perutnya.

Bagi bunda, harus jeli dan mengenali  kalau buah hati bunda mengalami gejala perut kembung. Hal ini bisa terjadi karena peningkatan jumlah gas pada saluran pencernaan pada bayi. Jika kembung terjadi pada bayi yang berumur kurang dari 4 bulan, kondisi tersebut bisa terjadi dikarenakan belum menghasilkan organ pencernaan yang kuat sehingga mudah meningkatkan gas di perut dan bagian ususnya.

Biasanya kembung pada bayi bisa terjadi karena menelan udara terlalu banyak saat menyusu, baik saat menyusu dari payudara atau dari dot, bayi terlalu banyak menangis bisa berakibat udara terlalu banyak yang masuk melalui mulut yang terbuka.

Tetapi bagi bunda yang baru memiliki buah hati, jangan cemas, tetap tenang dan jangan terlalu panik, jika bayi anda mengalami kembung. Yuk kita cari solusinya, dengan membaca ulasan dibawah ini.
baca juga:Proses Metamorfisis Pada Capung Secara Berurutan

Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi


Berikut ini adalah beberapa cara aman yang bisa bunda lakukan di rumah jika bayi bunda mengalami perut kembung.

1. Menggosok perut bayi 


cara mengatasi perut kembug pada bayi


Jika bayi mengalami perut kembung, bunda bisa menggosok bagian perutnya dengan lembut menggunakan minyak telon, atau minyak kayu putih. Agar tubuhnya merasakan kehangatan.

2. Tepuk bagian punggung bayi secara lembut

Bunda juga bisa mengatasi kembung pada bayi dengan cara menepuk bagian punggung si bayi dengan lembut selama 1-2 menit, sampai bayi bisa tertawa dan bersendawa..

3. Beri minum air hangat

Di saat bayi mengalami kembung bunda bisa memberikan sedikit minum dengan air hangat dan mandi dengan air hangat sebelum jam 17.00. Jika bayi berumur lebih dari 6 bulan.

4. Membiarkan bayi bergerak aktif

Bunda bisa membantu bayi bunda mengeluarkan gas dari dalam perutnya, dengan cara membiarkannya bergerak aktif. Gerakan tubuh yang aktif  bisa membantu mengeluarkan gas dari perut melalui sendawa.

5. Bantu bayi untuk bersendawa

Jika setelah makan dan minum ASI bayi bunda belum bersendawa, bunda bisa membantunya dengan membaringkan telentang bayi bunda selama beberapa menit, kemudian bangunkan dengan hati-hati. Ulangi cara diatas beberapa kali. Cara  ini bermanfaat untuk memaksa gelembung udara yang ada dibawah perut naik ke atas dan kemudian bisa keluar melalui bersendawa.

6. Hati- hati memberi bayi susu formula

Tidak semua susu formula baik dan cocok untuk bayi. Jika bunda memberikan tambahan susu formula pada bayi anda, sebaiknya harus teliti dulu komposisi,  tanggal kedaluwarsa, dan kecocokan untuk bayi. Jika bayi bunda kembung karena tidak cocok dengan susu formula dengan jenis atau merek yang baru  sebaiknya bunda kembali ke susu formula sebelumnya. Tetapi  alangkah baiknya jika bayi bunda  usia 0-1 hingga 2 tahun tetap minum ASI .

Itu tadi cara mengatasi perut kembung pada bayi yang bisa bunda lakukan sendiri di rumah jika si kecil rewel karena kembung.

baca juga:


  1. Daur Hidup Belalang Secara Berurutan
  2. Daur Hidup Kupu-Kupu Secara Lengkap
  3. Daur Hidup Nyamuk Secara Lengkap
selamat membaca sobat semoga bermanfaat bagi kalian
Iklan Oleh Google :
Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet

0 komentar:

Posting Komentar