By Siti Amini at 15.40 , have 0 komentar
Ads by google:
Ads by google:
Daur hidup kupu-kupu. Kupu-kupu merupakan salah satu jenis serangga yang mempunyai warna yang indah dan berwarna-warni serta ukuran tubuh yang bermacam-macam tergantung jenisnya. Keberadaan kupu-kupu juga tidak membahayakan kehidupan manusia, seperti jenis serangga yang lain.

Kita bisa menemukan kupu-kupu di tempat-tempat yang banyak tanaman bunga dan buah, karena sebagian besar kupu-kupu senang hinggap di atas bunga dan buah, hal ini dilakukan karena kupu-kupu mencari  makanan dengan menghisap sari bunga dan sari buah sebagai sumber makanan mereka. Hal lain dari kupu-kupu yang sangat menakjubkan yang mungkin kita tidak mengiranya adalah proses metamorfosis pada kupu-kupu adalah metamorfosis sempurna.

Seperti semua Lepidoptera, kupu-kupu terkenal karena memiliki siklus hidup yang tidak biasa, mereka memiliki tahap telur, ulat, pupa (kepompong) dan kupu-kupu. Proses metamorfosis membutuhkan waktu sekitar 10-15 hari.

Untuk mengetahui daur hidup kupu-kupu secara lengkap, yuk kita cari tahu bagaimana prosesnya.
baca juga:Daur Hidup Nyamuk Secara Lengkap

Daur hidup kupu-kupu



1. Telur

daur hidup kupu kupu


kupu-kupu betina dewasa biasanya akan terbang kesana-kemari untuk mencari tempat atau daun tertentu yang kaya akan nutrisi yang digunakan untuk menempatkan telur, seperti daun jeruk, daun jambu, daun pari, batang sorgum atau daun-daun lain yang dipercaya mempunyai sumber makanan yang lain.

Setelah itu telur diletakkan pada bagian bawah daun, dan beberapa induk kupu-kupu akan meletakkan lebih dari satu telur. Telur kupu-kupu berkuran sangat kecil dan berwarna putih. Telur kupu-kupu akan menetas antara 3 hingga 5 hari kemudian.

2. Ulat (Larva)

daur hidup kupu kupu


Setelah telur kupu-kupu menetas maka keluarlah bayi larva, atau sering kita sebut dengan Ulat. Ulat yang baru saja menetas akan langsung memakan cangkangnya, karena kaya akan nutrisi. Dan selanjutnya mereka akan memakan daun- daunan dimana mereka hidup.

Semasa hidupnya ulat akan berganti kulit setiap kali mereka akan tumbuh besar  sebanyak 4 hingga 6 kali. Selama fase menjadi ulat kegiatannya sehari-hari adalah makan terus. Hal ini di lakukan untuk mempersiapkan diri menjadi kepompong, karena pada fase ini, kepompong akan istirahat. Setelah ulat mencapai perubahan ukuran yang paling besar maka ulat akan berubah menjadi kepompong.

3. Pupa (kepompong)

daur hidup kupu kupu


Dalam fase ini ulat (larva) akan melepas delapan pasang kakinya, dan kapsul kepalanya yang memiliki 6 mata. Lalu kulit ulat berganti  dan berubah warna seperti batu giok, dan itu lah yang disebut dengan kepompong.  Ulat membuat cangkang atau kepompong dari daun yang dililitkan pada tubuhnya dengan menggunakan benang khusus dari dalam tubuhnya yang biasanya mengandung sutera.

Perubahan dari kepompong menjadi kupu-kupu bisa berlangsung selama seminggu sebulan atau lebih. Sel-sel yang dimiliki oleh larva perlahan-lahan akan berubah menjadi bagian dari tubuh kupu-kupu. Ada yang menjadi sayap, kaki, mata dan mulut yang semula berfungsi untuk mengunyah, akan berubah menjadi belalai yang berguna untuk menghisap.

Ada juga lho kepompong yang berubah menjadi kupu-kupu selama kurang lebih 10 hingga 14 hari. Setelah kupu-kupu siap untuk keluar dari kepompong biasanya sayap mereka masih basah  dan belum bisa terbang.

4. Kupu-kupu

daur hidup kupu kupu


Setelah keluar dari pupa, kupu-kupu akan merangkak ke atas sehingga sayapnya yang lemah, kusut, dan agak basah dapat menggantung ke bawah dan mengembang secara normal. Selanjutnya  setelah sayapnya mengering, mengembang dan kuat, kupu-kupu akan membuka dan menutup sayapnya beberapa kali. Waktu yang di butuhkan oleh kupu-kupu agar bisa mengepakkan sayapnya dan terbang adalah 4-5 jam kemudian.
Kupu-kupu adalah serangga yang beraktivitas pada siang hari dan pada waktu malam hari kupu-kupu beristirahat.

Itulah ulasan tentang daur hidup kupu-kupu, semoga dapat menambah wawasan kita semua.

baca juga:

Daur Hidup Kecoa Secara Lengkap

Proses Lengkap Daur Hidup Katak

9 Manfaat Ikan Tongkol Untuk Kesehatan

selamat membaca sobat semoga bermanfaat
Iklan Oleh Google :
Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet

0 komentar:

Posting Komentar