By Siti Amini at 13.54 , have 0 komentar
Ads by google:
Ads by google:

Cara mengobati kutu air dengan mudah pasti banyak yang mencari.  Kutu air adalah salah satu penyakit yang disebabkan oleh jamur dermatofit atau trikofiton dalam ilmu kedokteran penyakit ini dikenal dengan nama tinea pedis.

Kutu air sering  dialami oleh semua orang terutama mereka yang tinggal di daerah lembab serta memiliki kulit yang tipis. Kutu air sering menyerang pada bagian sela-sela jari kaki dan tangan, sebelum kita tahu cara mengobati kutu air dengan mudah yuk dicari dulu pennyebabnya.

Penyebab kutu air


  • Kaki yang sering terkena air, mungkin karena musim hujan, daerah becek, saat mencuci, dsb. Bisa memperbesar resiko tumbuhnya jamur kutu air.
  • Pemakaian sepatu dalam jangka waktu lama, kaki cenderung lembab.
  • Memakai sepatu yang masih basah, sepatu terbuat dari bahan plastik, kaos kaki basah bisa menyebabkan infeksi jamur pada kaki.
  • Penggunaan kolam renang dan sarana pemandian umum.

Itulah beberapa penyebab kutu air lalu bagaimana gejala-gejala jika kita terkena kutu air.

Gejala-gejala kutu air

  • Terdapat kulit putih dan rapuh 
  • Terasa gatal-gatal dan berwarna merah terutama di sela-sela jari kaki atau tangan, jika digaruk-garuk akan semakin melebar.
  • Kulit kering dan bersisik
  • Kulit melepuh
  • pembengkakan kulit
cara mengobati kutu air dengan mudah dan ceoat



Setelah tahu apa penyebab dan gejala terkena kutu air, sekarang waktunya kita cari tahu cara mengobati kutu air dengan mudah dan murah,yuk kita intip bareng-bareng.

1.Teh

Teh adalah bahan yang sering kita jumpai,  kandungan asam tannic yang ada dalam teh dapat mengurangi rasa gatal dan menghancurkan jamur penyebab kutu air, caranya ambil 6 kantong teh celup rebus dengan 1,5 liter air bersih sampai mendidih kemudian dinginkan, rendam kaki atau tangan yang terkena infeksi jamur selama setengah jam, lakukan setiap hari sampai sembuh.

2.Cuka apel

Selain bisa menghilangkan bau ketiak atau burket , cuka apel berfungsi untuk mengobati kutu air karena  mampu mengatur PH kulit yang menyimpang karena jamur. Caranya larutkan cuka apel dngan perbandingan satu banding satu  kemudian rendam kaki atau tangan dengan larutan tersebut selama 25 menit setiap hari.

3.Bawang putih

Selain dapat menymbuhkan sakit gigi berlubang, kandungan zat anti biotik yang ada dalam bawang putih juga dapat digunakan untuk menymbuhkan kutu air,cukup gosokkan kebagian yang terkena kutu air atau bisa juga dihaluskan untuk dijadikan pembalut.

4.Singkong

Singkong adalah sejenis umbi-umbian yang dapat diambil sari patinya sebagai campuran membuat kue, bisa juga dibuat untuk mengobati kutu air, caranya cukup mudah  ambil satu potong singkong lalu kupas dan cuci bersih, kemudian parut dan tempel pada bagian yang terkena kutu air tunnggu sapai parutan singkong mengering,lalu cuci bersih.

5.pasta gigi

Setiap hari pasti kita bertemu yang namanya pasta gigi,kita dapat menggunakan pasta gigi untukmengobati kutu air caranya cukup dioleskan pada bagian yang terkena kutu air.

6.Minyak kelapa

Kandungan asam laurat sebagai zat anti jamur pada minyak kelapa sangat efektif untuk mengobati kutu air, caranya cukup oleskan minyak kelapa pada kaki atau tangan secara berulang-ulang minimal tiga kali sehari.

7.Air garam

Garam adalah salah satu bumbu dapur yang kaya manfaat, garam mengandung zat anti jamurdan bakteri dapat mengobati kutu air dengan cara mencampurkan air dan garam sesuai kebutuhan dalam ember atau baskom lalu rendam kaki atau tangan yang terkena kutu air selama 20 menit setiap hari.

Itulah beberapa cara mengobati kutu air yang bisa dicoba di rumah dengan mudah.
Tertarik? Selamat mencoba.

baca juga;

cara membuat oralit dengan mudah dan cepat

Cara Mengobati keputihan Secara Alami dan Mudah






Iklan Oleh Google :
Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet

0 komentar:

Posting Komentar