By Siti Amini at 17.52 , have 0 komentar
Ads by google:
Ads by google:

Cara menghilangkan dengkuran saat tidur cukup mudah. Suara dengkuran saat sobat tidur memang sangat mengganggu teman tidur di sebelah kita. Volume dan frekuensi dengkuran seseorang bisa menunjukkan apakah dia mempunyai gangguan yang mengancam  atau kah tidak, seperti apnea tidur obstructive. Gangguan tidur ini bisa berpotensi menghentikan pernafasan sobat, atau pernafasan menjadi dangkal.

Dengkuran yang keras sangatlah mengganggu, dan ini merupakan gejala dari apnea tidur obstructive Umumnya penderita tidak menyadari bahwa jika mereka tidur terlelap sering mendengkur, karena tidak mendengar suara dengkurannya sendiri. Gangguan tidur ini bisa terjadi jika sobat mengalami keterbatasan pasokan oksigen yang masuk kedalam tubuh.

Suara dengkuran yang keras bisa terjadi karena getaran yang di buat oleh udara yang berusaha masuk melalui langit-langit mulut, uvula, lidah, dan tonsil atau otot-otot yang ada di tenggorokan. Bisa juga terjadi karena menyempitnya saluran udara, baik di tenggorokan atau lubang hidung yang mengontrol jumlah oksigen yang masuk ke dalam tubuh sobat.

Mendengkur bisa dialami oleh siapa saja mungkin itu anak-anak, orang dewasa baik pria ataupun wanita. Masalah tidur mendengkur biasanya banyak di alami oleh kaum pria, karena distribusi kelebihan berat badan kaum pria menumpuk di bagian dada dan leher yang mengakibatkan penyempitan saluran udara. Dengan perbandingan 80% untuk pria dan 20% untuk wanita. Lalu apa sih faktor penyebab seseorang jika tidur mempunyai kebiasaan mendengkur?



Penyebab tidur mendengkur.

1. Usia
Seseorang yang usianya semakin bertambah tua, bisa menjadi penyebab tenggorokan menyempit dan kekencangan di otot tenggorokan akan menurun.

2. Posisi  tidur
Jika saat tidur dalam posisi telentang bisa menjadi  penyebab sobat mendengkur, hal ini disebabkan daging tenggorokan menjadi rileks  dan bisa menghambat saluran udara.

3. Kondisi tubuh
Pria  memiliki saluran udara yang sempit dibandingkan dengan wanita, jadi pria kemungkinan besar mempunyai kebiasaan tidur mendengkur. Hal ini bisa terjadi karena tenggorokan yang sempit, langit-langit mulut yang terbelah, kelenjar gondok yang membesar.
   
4. Masalah hidung dan sinus
Udara yang terhalang masuk akibat permasalahan pada hidung membuat pernafasan lebih sulit, hal ini menyebabkan dengkuran.

5. Pola hidup tidak sehat
Merokok, minum obat penenang dan mengkonsumsi alkohol bisa meningkatkan relaksasi otot yang mendorong sobat lebih mudah mendengkur. Merokok selain membuat sobat mendengkur juga berbahaya bagi kesehatan, baca di Bahaya merokok Bisa Membunuhmu dengan Mudah.

6. Kelebihan berat badan
Jaringan lemak pada tubuh dan otot yang lemah berkontribusi menyebabkan dengkuran.

Setelah tahu penyebab sobat kalau tidur sering mendengkur. Bagaimana ya cara menghilangkan suara dengkuran yang membuat seseorang yang tidur disebelah sobat tidak merasa terganggu dan merasa nyaman, kita cari solusinya.

Cara menghilangkan dengkuran:

1. Ubah posisi tidur
Usahakan tidur sobat dalam posisi miring, karena bunyi dengkuran terdengar saat sobat dalam posisi tidur telentang. Hal ini mengakibatkan lidah tertarik ke belakang dan aliran udara mengalami penyempitan. Supaya posisi tidur tidak berubah saat miring gunakan bantal untuk mengganjal tubuh sobat agar posisi tidur tidak telentang.

2. Bersihkan hidung dan sinus
Bersihkan bagian sinus di hidung sobat sebelum tidur, usahakan untuk mengeluarkan kotoran yang ada di hidung dengan cara mengeluarkan udara yang keras dari hidung.

3. Minum air putih
Ketika sobat mengalami dehidrasi sekresi di hidung dan langit-langit lunak menjadi lengket, untuk mencegah dehidrasi minumlah air putih minimal 11 gelas sehari untuk wanita dan 16 gelas  untuk pria.

4. Turunkan berat badan
Jika sobat memiliki tubuh gemuk biasanya cenderung memiliki kebiasaan mendengkur di banding dengan orang yang bertubuh kurus. Tubuh gemuk bisa mengakibatkan penumpukan lemak dan penyempitan pembuluh darah. Untuk menurunkan berat badan cobalah berolahraga dan diet.

5. Hindari alkohol dan merokok
Alkohol, merokok dan obat penenang bisa menjadi penyebab mendengkur. Karena dapat menekan saluran pernafasan  dan re
laksasi otot.

6. Angkat posisi kepala
Orang yang mendengkur biasanya posisi kepala berada jauh ke belakang dari letak bantal. Untuk mengatasi hal itu sebaiknya angkat posisi kepala atau gunakan bantal yang mampu menopang kepala sobat saat tidur.

Itulah beberapa cara aman menghilangkan dengkuran yang bisa sobat coba sebelum tidur. Semoga bisa menghilangkan suara dengkuran yang berisik seperti knalpot.s

Iklan Oleh Google :
Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet

0 komentar:

Posting Komentar