By Siti Amini at 19.00 , have 0 komentar
Ads by google:
Ads by google:
Cara paling mudah mengobati sesak nafas tentunya sangat dibutuhkan, sesak nafas atau dalam dunia medis disebut dyspnea bila terjadi tiba-tiba sangat mengganggu aktivitas sobat. Sesak nafas terjadi karena tersumbatnya saluran pernafasan, lemahnya organ pernafasan/paru-paru, atau akibat dari penyakit tertentu. Jika sobat mengalami sesak nafas tentunya akan merasakan leher seperti tercekik, nafas seperti ada yang menyumbat, kejang di dada dan sulit menggerakkan otot dada serta sulit untuk bernafas.

Sesak nafas tidak mengenal usia baik itu masih bayi, anak-anak, remaja ataupun orang dewasa. Jika keluarga sobat mengalami gangguan pernafasan/sesak nafas sebaiknya cepat dilakukan pertolongan sebab jika terlambat sedikit saja akibatnya bisa fatal bahkan dapat menyebabkan kematian. Untuk mengatasi sesak nafas ada berbagai cara bisa menggunakan cara tradisional atau dengan menggunakan obat yang di beli di warung atau dari dokter. Untukmengobati sesak nafas sobat harus mengetahui terlebih dulu penyebabnya, karena beda penyebab beda pula cara mengobatinya.

Sebelum sobat tahu cara untuk mengobati sesak nafas yang menggangu dan sangat menyakitkan terlebih dulu kita cari tahu penyebabnya agar lebih mudah dalam penanganannya, yuk kita cari tahu sekarang apa sih penyebabnya?

Penyebab Sesak Nafas

  • udara yang dingin, lembab, berdebu, dan berasap.
  • adanya lendir yang banyak bisa menyumbat saluran pernafasan.
  • paru-paru yang lemah sejak lahir dan bentuk rongga dada yang sempit.
  • kurangnya cairan bisa menjadi penyebab mengentalnya cairan saluran pernafasan.
  • kehamilan.
  • stress.
  • berada di ketinggian 5000 kaki.
  • penyakit tertentu.


Setelah tahu penyebab sesak nafas yang sering menyerang sobat, kita harus cari solusi cara mengobati sesak nafas dengan mudah.

Cara Mengobati Sesak Nafas Secara Alami

1. Madu
Cairan ini dapat mengencerkan dan mengeluarkan lender yang menyumbat saluran pernafasan. Lender yang terkumpul di saluran pernafasan dapat menghalangi masuknya udara sehingga memicu timbulnya sesak nafas. Caranya cukup mudah ambil satu sendok makan madu langsung di minum, lakukan secara rutin sampai sesak nafas sobat mereda.

2. Jahe




Selain digunakan sebagai rempah-rempah jahe berfungsi untuk menghangatkan tubuh saat dingin, dapat juga digunakan sebagai obat untuk menghilangkan sesak nafas caranya cukup mudah ambil tiga ruas jahe dikupas dan dibakar haluskan lalu masukkan dalam satu gelas air panas di tambah gula batu secukupnya, tunggu beberapa saat lalu saring setelah itu langsung bisa di minum atau bisa di buat wedang jahe.

3. Jeruk nipis
Biasanya jeruk nipis digunakan untuk merawat wajah ternyata jeruk nipis dapat juga di gunakan sebagai obat sesak nafas, caranya juga tidak sulit kok ambil satu buah jeruk nipis lalu di peras campurkan dua siung bawang merah haluskan, satu butir telur ayam kampung, satu sdt kopi bubuk, satu potong gula batu, lalu seduh dengan satu gelas air panas aduk hingga rata lulu diminum, minum secara rutin setelah sarapan.

Selain menggunakan ramuan diatas sobat juga bisa mengatasi sesak nafas dengan cara-cara seperti dibawah ini.

4. Membuat lingkungan yang nyaman dan tenang
Jika saudara sobat mengalami sesak nafas, berikan lingkungan yang tenang dan longgar jangan sampai dikerumuni oleh banyak orang,  karena banyak orang membuat udara menjadi pengap dan oksigen menjadi sedikit sehingga sulit  untuk bernafas.

5. Atur posisi setengah duduk
Seandainya ada salah satu keluarga yang menderita sesak nafas, atur posisi tidur setengah duduk dengan cara diberi bantal yang agak tinggi, posisi ini dapat membantu paru-paru agak mengembang sehingga oksigen bisa masuk secara maksimal.

Semoga cara diatas mampu mengobati sesak nafas yang sering sobat alami, tapi harus di ingat jika sesak nafas tidak kunjung sembuh bisa minta pertolongan tenaga medis untuk mendapat bantuan oksigen atau nebulizer, selamat mencoba.

Cara Efektif Menghilangkan Hidung Tersumbat

Iklan Oleh Google :
Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet

0 komentar:

Posting Komentar