By Siti Amini at 21.11 , have 0 komentar
Ads by google:
Ads by google:
Cara menghilangkan ubanan dengan mudah pastinya banyak yang mencari, ubanan biasanya tumbuh di usia 40 tahun tapi akhir-akhir ini uban sudah mulai muncul di usia muda, hal ini tentunya sangat menggangu penampilan sobat karena rambut adalah sebagai mahkota jika rambut sudah dihiasi warna yang berkerlap-kerlip orang akan mengira bahwa usia sobat sudah tua, hal ini bisa terlihat dari warna rambut yang bisa berpengaruh pada wajah.



Rambut beruban bisa tumbuh karena perubahan dari pigmen rambut yang di sebut sebagai melanin, perubahan warna rambut terjadi karena kurangnya asupan oksigen yang diterima batang rambut. Kurangnya asupan oksigen terjadi karena zat yang di hisap ujung–ujung pembuluh darah dari sari-sari makanan yang di terima batang rambut, hal ini mengakibatkan susunan rambut tidak baik sehingga mempengaruhi melanin rambut yang bisa memicu tumbuhnya uban lebih cepat.

Untuk menghindari rambut ubanan di usia yang masih muda sebaiknya sobat tahu lebih dulu penyebab rambut ubanan sebelum waktunya.


  •  Penyebab Rambut Ubanan di Usia Muda 

1. Stress
Seseoarang yang bekerja terlalu lelah bisa menimbulkan stress karena merasa kurang nyaman sehingga membuat otak dan mental menjadi tertekan, hal ini bisa meyebabkan rambut kesulitan memproduksi melanin yang menjadi pigmen pewarna rambut alami sobat. Untuk menghindari stress sebaiknya atur rutinitas kerja sobat.

2. Keturunan 
Faktor genetik atau keturunan tidak bisa dihindari, karena hal ini sudah diwariskan dari orang tua sobat jika orang tua mulai ubanan di usia yang masih muda maka kemungkinan besar sobat akan tumbuh uban kurang lebih di usia 20 tahun.

3. Merokok
Selain menyebabkan berbagai macam penyakit dan menambah pengeluaran sobat merokok juga dapat mengakibatkan tumbuhnya uban terlalu cepat karena merokok menghasilkan radikal bebas dalam tubuh perokok, sehingga mengakibatkan menurunnya tingkat produsi melanin.

4. Sering menggunakan catok rambut
Terlalu sering menggunakan hair dryer atau catok rambut bisa memicu tumbuhnya uban terlalu dini karena membuat batang rambut tidak kuat dan panas yang dihasilkan alat tersebut membuat berkurangnya produksi melanin.

Jika sobat sudah tahu penyebab ubanan di usia muda, yuk kita cari tahu cara menghilangkan ubanan dengan mudah dan tak perlu mengeluarkan uang terlalu banyak. Biasanya jika tumbuh uban pasti akan mencari cara instan misalnya dengan mengecat rambut/semir jika bisa sebaiknya dihindari, karena akan menimbulkan masalah baru, sobat bisa menggunakan cara tradisiiional.


  •  Cara Menghilangkan Ubanan

1.daun sepatu
Biasanya bunga sepatu tumbuh liar sebagai pagar pekarangan, ternyata berkhasiat untuk menghilangkan uban karena kandungan flanoida atau pigmen alami yang bermanfaat menghilangkan ubanan di usia muda dan membuat rambut berkilau. Caranya ambil beberapa lembar daun sepatu sesuai kebutuhan cuci bersih haluskan daun sepatu dan beri sedikit air kemudian di saring, untuk menambah aroma beri perasan jeruk nipis  oleskan air saringan daun sepatu keseluruh rambut, diamkan selama 30 menit lalu cuci bersih.

2. Biji papaya
Setelah makan papaya sebaiknya jangan di buang bijinya karena bisa di gunakan untuk menghilangkan uban, caranya ambil segenggam biji papaya cuci bersih lalu sangrai, haluskan biji papaya dan beri minyak kelapa, setelah itu oleskan keseluruh rambut balut rambut menggunakan handuk atau shower cup tunggu selama 1 jam setelah itu bilas sampai bersih.

3. Putih telur
Selain digunakan sebagai masker wajah putih telur juga dapat di gunakan untuk menghilangkan uban caranya ambil tiga butir telur kampung pisahkan dengan kuningnya, setengah gelas air hangat, setengah sendok teh garam, campurkan aduk hingga rata, setelah itu usapkan keseluruh bagian rambut dan kulit kepala jangan lupa sambil dipijit. Tunggu  selama dua jam lalu bilas hingga bersih.

4. Kemiri
Kemiri memilik nama latin aleurites moluccana selain digunakan sebagai bumbu dapur dapat juga dimanfaatkan untuk menghilangkan rambut beruban, caranya ambil kemiri secukupnya lalu disangrai setelah itu tumbuk hingga halus sampai mengluarkan minyak, usapkan minyak  kemiri keseluruh bagian rambut  secara merata.

Okey, itulah beberapa cara untuk menghilangkan rambut ubanan dengan mudah yang bisa di lakukan sendiri di rumah,untuk mendapatkan hasil yang diinginkan lakukan salah satu cara secara rutin.

  Jangan lupa sobat baca juga:

Cara Mengobati Gigi Bengkak dan Merah Secara alami 

Cara Termudah Mengobati Luka Bakar dan Bekasnya 


Iklan Oleh Google :
Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet

0 komentar:

Posting Komentar