By Siti Amini at 09.48 , have 0 komentar
Ads by google:
Ads by google:

Bahaya merokok bagi ibu hamil dan janinnya sangat menakutkan. Saat ini merokok sudah menjadi trend di kalangan remaja, orang dewasa tak terkecuali bagi ibu-ibu yang sedang hamil. Merokok saat hamil sangatlah berbahaya, jika seorang ibu merokok saat masa kehamilan bisa merusak janin yang sedang di kandung dan menimbulkan kerugian besar bagi ibu itu sendiri.

Pada awalnya si ibu merokok hanya untuk menghilangkan strees saat sendirian di rumah atau mungkin sudah kecanduan rokok waktu masih muda, tanpa memikirkan resiko yang akan dialami jika ia hamil.

Resiko merokok saat hamil sangatlah banyak, hal ini disebabkan karena terjadinya perubahan bentuk fisik tubuh yang membuat kondisi ibu sangat sensitive terhadap racun, sedangkan asap rokok sendiri mengandung lebih dari 700 zat kimia berbahaya yang beracun.

Bahaya merokok untuk ibu hamil dan janinnya


Bahaya merokok untuk ibu hamil dan janinnya antara lain:

1. Penyempitan pembuluh darah
Merokok bisa menyempitkan pembuluh darah sehingga mengganggu penyaluran oksigen kedalam darah, hal ini sangat berbahaya bagi ibu hamil karena semestinya  pasokan oksigen berjalan lancar dan cukup untuk kepentingan janin

2. Berat badan bayi rendah 
Bayi yang lahir dari seorang ibu perokok biasanya memiliki berat badan lebih rendah (BBLR) dan jika lahir dengan normal besar kemungkinan akan mengalami pertumbuhan tidak normal hal ini disebabkan asap rokok yang mengandung nikotin masuk kedalam tubuh ibu mempengaruhi jumlah dan kualitas oksigen yang di terima bayi dalam kandungan.

3. Menghancurkan vitamin C
Bagi wanita atau ibu hamil yang suka merokok kadar vitamin c yang sangat dibutuhkan oleh tubuh ini akan mudah hancur yang mengakibatkan anda beresiko menderita depresi, penyakit metabolisme sering mengalami kelelahan dan penurunan daya kekebalan tubuh (imunitas)

4. Bayi lahir cacat
Bayi yang lahir dari ibu yang suka merokok mempunyai resiko besar akan lahir cacat, dan kemungkinan besar bayi akan memiliki cacat jantung bawaan.

5. Komplikasi kehamilan 
Ibu hamil yang merokok memiliki resiko lebih daripada yang tidak merokok, plasenta previa dan abrupsio dua komplikasi kehamilan yang  mengakibatkan pendarahan hebat selama kelahiran dan bisa menyebabkan kematian ibu dan anak.

6. Mengganggu perkembangan anak
Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) dan bayi mengalami katerbelakangan mental banyak dialami bayi yang lahir dari seorang ibu yang perokok.

7. Keguguran
Wanita hamil yang merokok memiliki resiko tertinggi mengalami keguguran  yang disebabbkan bayi mengkonsumsi berbagai zat kimia secara tidak langsung.

8. Penyakit paru-paru
Bayi yang dilahirkan dari seorang ibu perokok berpotensi besar mengidap ganggua pernapasan hal ini disebabkan organ paru-paru bayi tidak berkembang sempurna karena secara tidak lansung bersentuhan dengan zat-zat kimia.

9. Kanker anak
Setelah dilahirkan bayi juga tidak aman karena diprediksi akan terjangkit penyakit leukemia, kanker dan limfoma akibat dari ibu yang merokok selama masa kehamilannya.

Jika sobat adalah perokok aktif pikirkanlah bahaya yang mengancam calon si buah hati. Selain perokok aktif ada juga perokok pasif, perokok pasif adalah seseorang yang menghirup asap rokok, dari orang lain yang merokok dan dari sisa pembakaran rokok.
Bagi ibu hamil yang terpapar asap rokok selama kehamilan memiliki resiko lebih tinggi mengalami komplikasi kehamilan seperti keguguran, lahir mati, bayi lahir dengan berat badan rendah. Dan jika ibu adalah seorang perokok pasif dan tidak ingin terkena penyakit berbahaya karena asap rokok, hindarilah tempat-tempat yang memiliki asap rokok tidak mendekati perokok serta perbanyaklah makan- makanan yang mengandung antioksidan.

Terlalu banyak bahaya merokok untuk ibu hamil dan janinnya, sebaiknya sobat cepat berhenti merokok. Karena merokok berarti menabung penyakit untuk buah hati sendiri.

 Baca juga:

Bahaya Merokok Bisa Membunuhmu Dengan Mudah

Iklan Oleh Google :
Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet

0 komentar:

Posting Komentar