By Siti Amini at 21.04 , have 0 komentar
Ads by google:
Ads by google:
Manfaat Buah Pir. Buah pir merupakan salah satu buah yang aman di konsumsi oleh ibu hamil. Hal ini disebabkan karena buah pir adalah buah yang kaya akan nutrisi dan rendah kalori.  buah pir juga memiliki banyak varian yang baik di konsumsi saat masa kehamilan berlangsung, diantaranya adalah Comice, Anjou, Bosc, Bartlee, dan starkrimson.

Bagi bunda yang baru mengalami kehamilan pertama tentunya akan berhati-hati dalam memilih jenis buah yang akan bunda konsumsi. Tetapi bunda tidak usah khawatir karena buah yang memiliki rasa manis dan segar ini aman kok untuk ibu hamil dan janinnya.

Manfaat Buah  Pir Untuk Ibu Hamil dan Janinnya

manfat buah pir untuk ibu hamil



Bunda tentu sudah tahu bahwa janin yang ada dalam kandungan akan menyerap segala makanan yang bunda konsumsi. Oleh sebab itu untuk ibu hamil tidak boleh sembarangan dalam mengkonsumsi makanan. Makanan yang dikonsumsi harus memenuhi kebutuhan nutrisi untuk bunda dan bayi dalam kandungan supaya kesehatan keduanya terjaga. Dan yang harus bunda ketahui makanan itu harus banyak mengandung asam folat, supaya memperkecil bayi lahir mengalami keterbelakangan mental.

Untuk asam folat bunda tentu berfikir, dari mana saja asam folat itu bisa didapatkan. Bunda dapat memperolehnya dari sayuran dan buah-buahan yang menjadi sumber asam folat, salah satunya adalah buah pir. Buah yang memiliki warna kuning dan hijau ini banyak mengandung air dan Vitamin C. rasanya sangat segar cocok untuk bunda yang lagi ngidam. Ibu hamil dianjurkan untuk mengkonsumsi buah pir, karena buah yang satu ini banyak mengandung manfaat. Apa saja manfaatnya, yuk kita cari tahu.

1. Buah pir mengandung Asam Folat

Dalam satu buah pir mengandung 12 mikrogram asam folat, walaupun tidak banyak tetapi sangat penting bagi ibu hamil. Kandungan asam folat sangat dibutuhkan keberadaannya. Terutama saat menginjak trimester pertama saat usia kehamilan bunda. Asam folat atau Vitamin B9 sangat penting karena berperan dalam menjaga keutuhan tabung saraf, supaya bayi lahir tidak dalam kondisi cacat. Jika ibu hamil kekurangan asupan asam folat, juga akan rentan risiko bayi lahir prematur.

2. Buah pir kaya akan serat

Buah pir juga kaya akan serat alami yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil, karena bermanfaat untuk memperlancar sistem pencernaan, serta mencegah gangguan pencernaan seperti sembelit. Sembelit adalah gangguan pencernaan yang sudah biasa dialami ibu hamil. Untuk mengurangi  risiko sembelit sebaiknya bunda perbanyak mengkonsumsi buah pir. Karena satu buah pir mengandung 1,8 gram pectin dan 4,5 gram serat. Yaitu serat yang mudah dicerna oleh tubuh.

3. Buah pir rendah kadar kalori

Bunda tidak usah khawatir jika mengkonsumsi buah pir, karena takut akan kelebihan berat badan, karena satu buah pir hanya mengandung 100 kalori. Meskipun kandungan kalorinya sedikit, bunda juga tidak usah cemas karena kandungan serat dalam buah pir mampu membuat seseorang lebih mudah kenyang.

Selain itu buah pir juga mengandung dua jenis karbohidrat yaitu glukosa dan fruktosa, yang mudah dicerna, dan bisa membuat ibu hamil tetap lebih berenergi.

4. Buah pir mengandung Vitamin C

Kandungan Vitamin C yang terdapat dalam satu buah pir sekitar 7 mg. hal ini dapat memenuhi 11% akan kebutuhan Vitamin C bagi ibu hamil ataupun yang tidak hamil. Vitamin C dapat membantu tubuh melawan infeksi, dan ini harus diperhatikan selama masa kehamilan. Mengkonsumsi buah pir atau makanan lainnya seperti beras, kacang, daging dapat membantu tubuh dalam menyerap zat besi.

5. Buah pir mengandung antioksidan

Buah pir juga mengandung antioksidan yang cukup kuat untuk menangkal radikal bebas. Radikal bebas sangat berbahaya untuk ibu hamil dan janinnya. Bunda yang sedang hamil sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi buah pir. Selain untuk melawan radikal bebas, kandungan antioksidan dalam buah pir juga dapat membantu menghancurkan sel jahat dalam tubuh pemicu kanker.

Itulah beberapa manfaat buah pir yang harus bunda ketahui, semoga bermanfaat untuk bunda yang dalam masa kehamilan. Dan dapat menambah pengetahuan bunda.

jangan lupa baca juga sob:


  1. 7 Manfaat Ikan Gurame bagi Kesehatan dan ibu hamil
  2. 7 Manfaat Ikan Lele Bagi Kesehatan
  3. 9 Manfaat Ikan Tongkol Untuk Kesehatan
Selamat Membaca sobat, semoga bermanfaat.
Iklan Oleh Google :
Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet

0 komentar:

Posting Komentar