By Siti Amini at 21.59 , have 0 komentar
Ads by google:
Ads by google:

         Bahaya merokok sudah megintai sumua orang,sudah tak asing lagi peringatan di larang merokok sering kita jumpai di mana-mana bahkan di bungkus rokok itu sendiri mencantumkannya. Tapi hal itu tidak membuat perokok merasa takut akan bahaya yag mengancamnya. Merokok adalah salah satu penyebab terbesar kematian di dunia

Kebiasaan merokok menyebabkan berbagai jenis penyakit,penyakit yang timbul tergantung dari kadar zat berbahaya yang terkandung didalamnya, jangka waktu kebiasaan merokok, dan cara menghisap rokok. Semakin sering seseorang merokok semakin besar resiko yany dihasilkan. Setiap batang rokok mengandung 4000 bahan kimia , ratusan zat beracun dan 70 bahan di dalamnya bersifat kanker.


bahan bahan erbahaya yg terkandung pada sebatang rokok


Bahan-bahan berbahaya yang kerkandung pada sebatang rokok antara lain

1. Tar
Bahan dasar untuk membuat aspal ini bisa menyebabkan kanker, menimbulkan iritasi dan menempel pada paru-paru, jika kita menghisap sebatang rokok kandungan tar di dalam rokok akan    ikut terhisap, zat ini akan mengendap di paru-paru dan berdampak negatif pada rambut kecil yang melapisi paru paru sobat.

2. Karbon monoksida
Zat yang di temukan dalam asap knalpot mobil dapat menghalangi penyediaan oksigen kedalam tubuh karena bersifat mengikat diri pada hemoglobin dalam darah secara permanen.

3. Nikotin
Zat ini mengandung candu,yang bisa menyebabkan seseorang ketagihan untuk merokok terus, dapat menyebabkan ketergantungan,mengeraskan dinding arteri,merusak jaringan otak dan menyebabkan darah cepat membeku.

4. Zat iritan
Zat ini jika masuk kedalam tubuh dapat menyebabkan batuk, mengotori saluran udara dan kantung udara dalam paru-paru.

Setelah kita tahu kandungan zat berbaya yang terdapat dalam sebatang rokok, yuk kita cari tahu bahaya yang mengintai.

Bahaya Merokok
1. Merokok dapat menimbulkan penyakit stroke
 Seseorang yang kecanduan rokok mempuyai resiko besar terhadap penyakit stroke, stroke terjadi karena pembekuan aliran darah ke otak di sebabkan kandungan zat kimia berbahaya yang ada dalam sebatang rokok. Penyakit stroke merupakan penyebab kematian tertinggi di dunia.

2. Kanker
Bahaya merokok dapat menyebabkan resiko terserang kanker, seperti kanker serviks, perut, pankras, pita suara,kantung kencing, ginjal, faring, esapogus, rongga mulut, paru-paru. Resiko kematian karena kanker paru-paru 23 kali lebih tinggi pada pria perokok dan 23 kali lebih tinggi dialami wanita perokok di banding mereka yang tidak merokok.

3. Penyakit jantung
Merokok dapat menyebabkan penyakit jantung, hal ini bisa terjadi karena pengerasan pembuluh darah yang di sebabkan oleh penumpukan zat lemak pada arteri , lemak dan plak memblok aliran darah yang mengakibatkan penyempitan pembuluh darah.

4. Kebutaan
Seorang perokok beresiko lebih tinggi mengalami kebutaan, karena merokok menigkatnya resiko degenerasi makula, merusak makula, pusat retina, sehingga dapat menghancurkan penglihatan sentral tajam.

5. Impotensi
Bahaya merokok bisa memicu seseorang mengalami impotensi yang sering dialami oleh kaum pria hal ini disebabkan pembuluh darah pada alat reproduksi pria berpengaruh, karena pembuluh darah yang berukuran kecil dan dapat mengakibatkan disfungsi impoten.

6. Diabetes
Merokok dapat menyebabkan penyakit diabetes karena sulit mengontrol kadar gula darah, resiko diabetes 40% lebih tinggi dialami perokok aktif dibanding perokok pasif.

7. Gangguan kehamilan dan janin
Wanita hamil yang merokok mengalami resiko keguguran lebih tinggi di banding yang bukan perokok, karena asap rokok yang terhirup oleh wanita hamil bisa menyebabkan bayi lahir premature kerena nikotin yang tercampur dengan darah akan masuk ke janin, dan janin akan terganggu,terjadi kehamilan ektopik.

8. Kanker mulut
Pada mulut perokok sering di jumpai bakteri, bakteri tersebut bisa menyebabkan plak gigi dan jika kebersihan mulut tidak terjaga bisa menimbulkan peradangan pada gusi. Jika mulut bengkak disertai perdarahan yang tidak sembuh selama dua minggu, area bibir mengering dan kasar dan jika ditekan pada salah satu bagian mulut sakit, sobat harus berhati-hati sebab itu gejala kanker mulut.

Kebanyakan orang beranggapan rokok sebagai penghilang stess itu adalah hal yang salah, setelah tahu kandungan zat dan bahaya merokok bisa membunuhmu ayo segeralah berhenti  merokok sebelum terlambat dan menyesal.

baca juga;

Cara Mudah Menghaluskan Wajah Secara Alami

Bahaya Mrokok di Kalangan Pelajar/Remaja
Iklan Oleh Google :
Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet

0 komentar:

Posting Komentar