By Siti Amini at 21.21 , have 0 komentar
Ads by google:
Ads by google:

Cara efektif menghilangkan hidung tersumbat yang sering terjadi, masalah hidung tersumbat memang sangat menjengkelkan dan mengganggu terutama saat sobat tidur, hidung tersumbat bisa terjadi kapan saja dan menyerang siapa saja baik itu bayi, anak-anak, remaja ataupun orang dewasa. Hidung tersumbat bisa terjadi pada satu rongga hidung (hidung tersumbat sebelah) atau bisa juga kedua-duanya.


Penyebab Hidung Tersumbat.

Hidung tersumbat paling sering disebabkan karena penyakit ringan seperti flu, dan infeksi sinus. Penyakit ini bisa menjadi penyebab hidung tersumbat karena peradangan pada lapisan rongga hidung rongga hidung dan sinus yang merupakan jaringan yang kaya akan pembuluh darah, radang akan menyebabkan pembuluh darah melebar dan menimbulkan pembengkan sehingga mengakibatkan hidung menjadi tersumbat. Hidung tersumbat yang disebabkan penyakit ringan akan sembuh dengan sendirinya dalam waktu satu minggu.

Hidung tersumbat yang berlangsung lama disebabkan oleh :

  • Iritasi hidung yang disebabkan oleh debu dan asap.
  • paparan zat kimia.
  • polip hidung ( hidung tersumbat selalu sebelah tidak mau berpindah-pindah)
  • Rintis alergi (memiliki gejala hidung gatal, bersin-bersin, hidung eler atau pilek)
  • Sakit kepala cluster.
  • Sinustis kronis.
  • Septum menyimpang (sekat hidung yang membatasi antara rongga kanan dan kiri seharusnya ada di tengah-tengah malah menyimpang ke kanan atau ke kiri)


Setelah sobat tahu penyebab hidung tersumbat yang menyiksa dan mengganggu  dalam melakukan aktifitas bahkan membuat sobat sulit untuk bernafas, alangkah baiknya kita cari tahu dulu cara efektif menghilangkan hidung tersumbat, gimana ya caranya?


  • Tips cara menghilangkan hidung tersumbat :

1. Jangan membuang ingus terlalu kuat
Biasanya jika sobat mengalami hidung tersumbat akan beusaha mengeluarkan ingus dalam hidung dengan kuat supaya ingus cepat keluar dan pernapasan menjadi longgar, hal itu justru salah kaprah karena dengan membuang ingus dengan kuat bisa mengakibatkan lapisan dinding hidung akan terluka dan meradang, peradangan ini akan membuat lapisan hidung membengkak dan malah memperparah hidung tersumbat, sebaiknya buanglah ingus secara perlahan dan bergantian.

2. minum air putih
Untuk menjaga kesehatan tubuh agar tidak mudah terserang flu sebaiknya sobat minum air putih yang cukup, minumlah air putih minimal 1,5 liter atau 8 gelas perhari.

3. Minum air jeruk hangat
Kandungan vitamin C yang ada dalam jeruk yang berfungsi menjaga kekebalan tubuh dan jika kita mengalami hidung tersumbat akan membuat sobat lebih cepat untuk sembuh karena air jeruk hangat mampu mengencerkan ingus.

4. Menghirup minyak angin
minyak angin seperti minyak kayu putih, inhaler, dan balsem, yang mengandung menthol, eucalyptus, dan kamper yang bermanfaat untuk mengurangi hidung tersumbat, caranya cukup mudah hirup langsung atau oleskan tipis di bawah lubang hidung sobat.

5. Kompres hangat
Kompres hangat di daerah sekitar hidung, kompres mulai dari batang hidung lalu turun ke pipi lakukan secara berulang-ulang. Menggunakan handuk yang dicelupkan ke dalam air panas jika handuk mulai dingin celupkan kembali, kompres hangat mampu membantu mengencerkan ingus di dalam hidung.

cara efektif menghilangkan hidung tersumbat


6. Uap air panas 
Taruh air panas dalam suatu wadah lalu letakkan kepala sobat di atas air panas (atur jarak antara air panas dengan wajah/hidung) tutup kepala sobat menggunakan handuk agar uap air tidak melebar kemana-mana, untuk hasil yang optimal sobat bisa menambahkan minyak kayu putih.

7. Posisi tidur setengah duduk
Sobat bisa menambahkan tiga bantal supaya posisi kepala lebih tinggi saat tidur, bisa membantu mengurangi penumpukan aliran darah di hidung sehingga mampu menghilangkan hidung tersumbat.

8. Konsumsi makanan pedas.
Makan-makanan pedas dapat membantu mengencerkan ingus, tapi soat harus berhati-hati karena terlalu banyak mengkonsumsi makanan pedas bisa mengakibatkan sakit perut.

Itulah beberapa cara efektif menghilangkan hidung tersumbat yang menggaggu sobat, yang bisa dilakukan dirumah, semoga hidung tersumbat sobat cepat teratasi dan lekas sembuh.

 janagn lupa baca juga :
Iklan Oleh Google :
Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet

0 komentar:

Posting Komentar