By Siti Amini at 07.35 , have 0 komentar
Ads by google:
Ads by google:

Cara menghilangkan karang gigi, sebagian orang menganggap bahwa karang gigi adalah sesuatu yang sangat memalukan karena akan mengganggu sobat saat berbicara dengan orang lain, karang gigi bisa membuat sobat kurang percaya diri hal ini disebabkan oleh bau yang tidak sedap yang ditimbulkannya, dan warna gigi yang berubah.

Yang di maksud dengan karang gigi atau plak gigi adalah  semacam kotoran yang menempel pada gigi dan diakibatkan oleh sisa-sisa makanan yang melilit pada gigi karena jarang sikat gigi, sisa makanan yang menempel dan mengeras akan  menjadi karang gigi. Kemudian plak gigi akan menyebar keseluruh bagian gigi dan menimbulkan bau tak sedap untuk jangka waktu pendek.

Untuk menghilangkan karang gigi, bisa dengan cara medis yaitu dengan datang langsung ke dokter gigi minta bantuan untuk menghilangkan karang gigi sobat dan untuk cara ini diperlukan biaya yang mahal. Selain dengan cara medis sobat bisa menghilangkan karang gigi dengan cara alami dan hemat.

Sebelum sobat tahu cara menghilangkan karang gigi alangkah baiknya cari tahu dulu cara mencegah timbulnya karang gigi yang menjengkelkan.

Cara Mencegah Timbulnya Karang Gigi

  • biasakan menggosok gigi minimal dua kali sehari, setelah makan dan sebelum tidur. Karena kandungan fluoride yang ada dalam pasta gigi mampu membantu membasmi bakteri penyebab plak gigi.
  • Berkumur setelah makan mampu menghilangkan sisa makanan yang menempel pada gigi.
  • konsumsi buah dan sayur karena akan membantu menangkal plak gigi, dan memperbaiki email gigi yang rusak juga dan mencegah timbulnya bau mulut.


Itulah beberapa tips untuk mencegah timbulnya karang gigi, lalu gimana caranya jika sobat terlanjur memiliki karang gigi, oke saatnya sobat cari tahu cara menghilangkan karang gigi dengan mudah dan aman.

Cara Menghilangkan Karang Gigi
1. Biji asam kawak
Ambil biji asam kawak secukupnya sangrai, setelah itu tumbuk sampai halus kemudian beri sedikit air hangat, gunakan sebagi pasta gigi untuk menghilangkan karang gigi.

2. Daun sirih, kapur dan buah pinang
Cara ini biasa dilakukan oleh nenek moyang kita untuk membersihkan dan menguatkan gigi yang biasa di sebut dengan menyirih, caranya ambil daun sirih, kapur sirih, dan buah pinang kumpulkan jadi satu lalu di kunyah kurang lebih tiga puluh menit lalu buang, lalu berkumur menggunakan air bersih.

3. Minum air putih
Dengan mengkonsumsi air putih yang cukup minimal 8 liter perhari akan membantu kesehatan metabolisme tubuh dan kebersihan gigi, gusi dan mulut.

4. Apel
Ambil buah apel yang segar lalu cuci bersih, setelah itu makan langsung dengan kulitnya. Cara ini di percaya mampu untuk menguatkan gigi dan mengurangi plak pada gigi.



5. Biji cengkeh
Caranya siapkan biji cengkeh yang telah di keringkan secukupnya, lalu haluskan hingga berbentuk seperti abu, gosokkan abu tersebut kebagian gigi yang banyak di selimuti karang saja. selain mampu meghilangkan karang gigi juga berkhasiat memberi kesegaran pada nafas dan menghilangkan bau mulut secara alami.

6. Kulit jeruk
Kulit jeruk yang sering digunakan untuk menghilangkan karang gigi adalah kulit jeruk limau atau jeruk mandarin, caranya cukup mudah gosokkan kulit jeruk bagian dalam ke gigi sobat, cara ini cukup ampuh untuk menghilangkan plak gigi dan sangat efektif untuk menghilangkan bau mulut.

7. Pilih pasta gigi khusus
Jika sobat terlanjur memiliki karang gigi pilihlah pasta gigi dengan komposisi fluorid atau tartar control, kedua zat ini mampu  membantu menghilangkan karang gigi.

Itulah beberapa cara menghilangkan karang gigi dengan mudah dan aman yang bisa sobat coba di rumah, untuk mendapatkan hasil yang diinginkan sobat bisa melakukan secara rutin dan menyikat gigi minimal 2 kali sehari dan dengan cara yang benar.

 baja juga:
Iklan Oleh Google :
Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet

0 komentar:

Posting Komentar