By Siti Amini at 17.30 , have 0 komentar
Ads by google:
Ads by google:
Cara mengatasi cegukan pada bayi. Bayi baru lahir beberapa hari, akan sering mengalami cegukan karena kesalahan posisi saat ibu sedang menyusui. Cegukan pada sang buah hati jangan sampai membuat bunda menjadi panik. Ada beberapa cara mudah untuk mengaatasi cegukan pada bayi bunda.

Penyebab Bayi Cegukan

Beberapa hal yang dapat membuat bayi bunda cegukan diantaranya adalah:

Salah posisi saat menyusui
Posisi bayi yaang salah saat bunda menyusui dan juga posisi puting yang tidak tepat juga akan menimbulkan cegukan. Jika si bayi hanya menyusu pada bagian puting dan bukan areola ( bagian yang berwarna coklat atau hitam disekitar puting) akan menyebabkan udara masuk kedalam mulut. Hal inilah yang akan menjadi faktor penyebab dari cegukan.

Penurunan suhu yang mendadak
Penurunan suhu yang dapat membuat bayi tiba - tiba kedinginan dapat berpengaruh dalam munculnya cegukan ini. Mengingat sistem pernafasan bayi yang belum terbentuk sempurna.

Bayi mengalami stress
Bayi yang sedang mengalami stress kemungkinan besar juga dapat menjadi faktor timbulnya cegukan.

Cara Mengatasi Cegukan Pada Bayi

Beberapa cara mengatasi atau menghilangkan cegukan yang terjadi pada bayi dapat bunda lakukan dengan beberapa cara berikut, diantaranya:

Ubah posisi bunda menyusui

Dengan mengubah dan memperbaiki posisi menyusui bunda, dengan cara meminimalkan udara yang masuk pada mulut. Ciri udara masuk saat bunda menyusui yaitu dengan terdengar suara seperti kecapan. Jika posisi sudah di ubah namun bayi masih ceguka, segera hentikan proses menyusui karena di khawatirkan bayi malah akan tersedak.

Berikan tepukan lembut pada punggung

cara mengatasi cegukan pada bayi
Cara mengatasi cegukan pada bayi bunda yang berikutnya yaitu dengan memberikan tepukan lembut pada punggung bayi bunda. Letakkan bayi bunda pada pundak dengan posisi dada menempel pada pundak. Berikan tepukan lembut tapi jangan terlalu lembut ataupun terlalu keras sampai bayi berhenti cegukandan bayi bersendawa.

Sendawakan bayi setelah memberikan susu

Sendawakan bayi dengan cara seperti diatas yaitu menepuk nepuk punggung bayi sampai bayi bersendawa setelah bunda memberikan susu, baik itu ASI ataupun susu formula. Terlebih jika pemberian susu melalui botol, karena udara akan lebih banyak yang masuk ke mulut.

Demikian tadi beberapa tips cara mengatasi cegukan pada bayi. Jangan lupa di share ya bun.

Baca juga:



Selamat membaca.
Iklan Oleh Google :
Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet

0 komentar:

Posting Komentar