By Siti Amini at 22.31 , have 0 komentar
Ads by google:
Ads by google:
Gejala radang tenggorokan yang harus sobat kenali. Virus turut andil dalam timbulnya radang tenggorokan, bahkan persentasenya mencapai 80% dari total kasus yang ada. 20%-nya baru disebabkan oleh rokok, alergi dan bakteri. Meski hanya 20% tetap saja kita harus menjaga diri dari paparan bakteri dan penyeba lain yang bisa dihindari. Saya harus tekankan disini. Walau virus terdengar lebih menyeramkan, ternyata dalah hal radang tenggorakan, radang yang disebabkan oleh bakteri jauh lebih berbahaya dari pada radang yang diakibatkan dari virus! Apalagi kalau biang keroknya bateri bernama Streptococcus. hati-hatilah jika sobat menyepelekan radang tenggorakan, bakteri atau virus dapat merabat ke katup jantung dan menghasilkan demam rhematik yang lebih parah.

Gejala Radang Tenggorokan

gejala radang tenggorokan1
Radang tenggorokan dalam bahasa medis disebut faringitis, dimana faring itu sendiri adalah tenggorkan. Sedang semua yang berakhiran –tis menandai adanya peradangan pada organ yang bersangkutan. Fase peradangan terjadi setelah fase infeksi. Masa inkubasi terjadi 2-7 hari sebelumnya. Jadi peradangan selalu diawali dengan infeksi. Radang tenggorak dapat disebabkan oleh rasa tidak peduli atas betapa pentingnya sikat gigi dan berkumur sebelum tidur. Dan hal ini yang biasanya sulit, karena kita sering kali lupa atau malas. Padahal setelah makan malam sisa-sisa makanan, menjadikan lingkungan dalam mulut amat ideal menjadi habitat pertumbuhan bakteri, bahkan virus. Apalagi jika memakan makanan dari daging, lemak hewani.

Sakit pada tenggorokan

Sobat dapat merakan rasa tidak enak atau bahkan sakit setelah bangun tidur. Maka dianjurkan untuk memaksa membuang dahak yang terperangkap di faring seusai baangun tidur, karena disanalah bersarangnya bakteri-virus.

Sakit saat menelan

Jika kemudian sobat mulai merasa sakit saat menelan, hal ini terjadi karena terjadinya proses infeksi pada tenggorokan akan menimbulkan rasa nyeri yang diperparah saat sobat menelan makanan.

Gangguan pita suara

Kelenjar getah bening di leher mulai menonjol atau membengkak. sobat bisa periksa dengan menganga menhadap kaca, jika bagian dalam tenggorokan berwarna merah yang lebih cerah, dan terdapat bintik atau bercak putih, serta suhu di sekitar pangkal leher mamanas, maka sobat positif radang tenggorokan. Masa ini sering kali disusul demam ringan sampai menggigil karena reaksi antibodi tubuh terhadap peradangan akut.


Hindari penggunakan langkah pengobatan dengan mengandalkan antibiotik pada radang yang terjadi karena disebabkan oleh virus karena tak akan berpengaruh. Antibiotik hanya berpengaruh terhadap radang yang disebabkan bakteri. Selain itu paparan antibiotik pada bakteri tersebut sekali pun dapat mengakibatkan resistensi atau kekebalan. Berikut ini bekal informasi yang dapat saya berikan untuk ciri-ciri radang yang disebakan virus:

  • Pedih, serta sensasi gatal, kering di dalam tenggorokan.
  • Diiringi batuk dan kadang bersin sampai suara serak
  • Tidak samapai demam! Walau pun terjadi, tidak berat.
  • Pegal-pegal di area persendian   

Saat sobat mengalami peradangan pada tenggorokan, menghindari masakan yang terlalu panas, pedas, berlemak, dan berminyak, wajib hukumnya, kecuali jika sobat ingin radang sobat tambah parah. Perbanyak makanan bergizi untuk mempercepat penyembuhan, tapi jauhi makanan yang mengandung protein hewani seperti ikan, telur, susu, daging. Sebagai gantinya Makanlah buah-buahan, serta sayuran yang memiliki kandungan vitamin A, C, E, B6, B1 serta asam folat guna meningkatkan imunitas tubuh. Sering-seringlah minum air putih hangat dengan kata lain hindari minum air dingin. berkumur dengan air hangat yang dicampur garam dan perasan daun sirih bisa membantu mengurangi peradangan. sobat harus berolahraga ringan minimal jalan pagi yang singkat selama 15-20 menit. Jaga pola tidur yang cukup dan berkalitas, karena puncak proses penyembuhan terjadi saat tidur malam. Jangan paparan virus-bakteri dari orang terdekat dan lingkungan dengan memakai masker atau batuk di udara terbuka.

Baca juga:



Jangan lupa share ya.
Iklan Oleh Google :
Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet

0 komentar:

Posting Komentar